You Are Reading

0

Operattion System Handphone

Seta.com Minggu, 20 Maret 2011

OPERATING SYSTEM HANDPHONE

"Symbian OS"
Sejarah SYMBIAN OS

Pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998, terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian. Pada tahun 2004 Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang kemudian dikenal dengan nama Symbian OS v5. Sistem operasi dari Symbian OS v5 itu sudah mulai mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler.

Kemudian muncul perangkat yang dinamakan smartphone dan muncullah pula versi-versi terbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian v6.0 atau yang lebih terkenal dengan nama ER6 yang merupakan versi pertama dari Symbian OS. Sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Pada awal tahun 2005, muncul Symbian OS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasi yang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API.

Muncul pula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan pada teknologi konektifitas Bluetooth dengan digunakannya Bluetooth v.2.0. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12 Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.
"Android"

[spoiler="Handphone yang menggunakan Android OS"]

SEJARAH

Pada Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Android's co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin , Rich Miner (co-pendiri Kebakaran liar Communications, Inc ), Nick Sears (sekali VP di T-Mobile ), dan Chris White (diketuai desain dan pengembangan antarmuka di webtv ). Pada waktu itu, hanya sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc lain dari itu mereka membuat perangkat lunak untuk ponsel. Hal ini dimulai desas-desus bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler, meskipun tidak jelas apa fungsi itu mungkin tampil di pasar itu.

Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat mobile didukung oleh kernel Linux yang mereka dipasarkan ke produsen handset dan operator pada premis memberikan yang fleksibel, sistem upgradeable. [Rujukan?] Hal ini melaporkan bahwa Google telah berbaris serangkaian komponen perangkat keras dan perangkat lunak dan memberi isyarat untuk mitra operator itu terbuka untuk berbagai tingkat kerjasama pada pihak mereka. Lebih spekulasi bahwa Google akan memasuki pasar telepon seluler datang pada bulan Desember 2006 . Laporan dari BBC dan The Wall Street Journal mencatat bahwa Google ingin pencariannya dan aplikasi pada ponsel dan sudah bekerja keras untuk memberikan itu. Cetak dan media online segera melaporkan rumor bahwa Google sedang mengembangkan handset bermerek Google. Lebih spekulasi diikuti laporan bahwa Google telah menentukan spesifikasi teknis, ini menunjukkan prototipe untuk produsen ponsel dan operator jaringan.

Pada bulan September 2007, InformationWeek menutupi sebuah studi Evalueserve melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler. Akhirnya Google meluncurkan smartphone Nexus Salah satu yang menggunakan open source Android mobile sistem operasi. Perangkat ini diproduksi oleh Taiwan's HTC Corporation, dan menjadi tersedia pada 5 Januari 2010.[/spoiler]
"Maemo"
SEJARAH MAEMO OS

Sistem Operasi internet tablet pertama muncul pada Nokia 770, yang diluncurkan pada 2 November 2005. N770 memiliki beberapa spesifikasi yaitu akses internet menggunakan koneksi WLAN dengan mesin pencari opera, flash 6, email dasar, pemutar audio dan video, PDF, dan beberapa jenis permainan sederhana.

Selanjutnya, Nokia mengeluarkan versi beta dari Nokia 770 yang dilengkapi sistem operasi internet tablet terbaru dan disempurnakan pada 3 Juni 2006. Penyempurnaan ini meliputi penampilan yang lebih menarik, keyboard layar penuh, GoogleTalk di dalamnya, kemampuan mendukung kartu memori hingga 2gigabita, dan peningkatan Linux hingga 2.6.

Evolusi berikutnya dalam platform Maemo adalah Nokia 800 internet tablet yang berisikan Maemo 3. Aplikasi yang ditambahkan adalah Skype/VoIP-calls menggunakan WLAN, kamera yang terintegrasi, Opera 8, dan Flash 7. Nokia ini diluncurkan pada 4 Januari 2007.

Nokia 810, diluncurkan pada 6 Juni 2008, adalah perkembangan sistem internet tablet berikutnya. Dengan Maemo 4, Nokia ini memiliki QWERTY keyboard yang menyeluruh dengan layar sentuh, sistem pencarian internet MicroB (berbasis teknologi Mozilla), GoogleTalk, kemampuan mendukung perangkat USB dan pemutar media Windows, dan GPS di dalamnya.

Maemo 5, atau Fremantle, merupakan evolusi besar dari platform Maemo. Maemo 5 diperkenalkan sebagai penghubung antarmuka pengguna (UI) dengan layar sentuh yang secara keseluruhan didesain ulang, fitur telepon selular, dan Dashboard yang serbabisa dan serbalangsung, yang memperkuat Nokia 900.
"Iphone OS"
SEJARAH IPHONE OS

Sejarah versi iPhone OS dimulai dengan rilis iPhone pada 29 Juni 2007. Ini sistem operasi dari Apple Inc tidak memiliki nama resmi sampai pelepasan dari iPhone SDK pada tanggal 6 Maret 2008. Sebelum itu, hanya sastra pemasaran Apple menyatakan bahwa iPhone menjalankan "OS X", sebuah referensi untuk orangtua iPhone OS, Mac OS X. Versi saat ini dari iPhone OS adalah 3.1.3. Developer Beta untuk versi 3.0 dibuat tersedia pada tanggal 17 Maret 2009; iPhone OS 3.0 dirilis 17 Juni 2009.

Apple memberikan pembaruan pada iPhone, iPad's dan iPod Touch sistem operasi melalui iTunes, mirip dengan cara yang lain diperbarui iPod, dan calo ini sebagai keuntungan dibandingkan dengan ponsel lain dan perangkat. Keamanan tambalan, serta baru dan peningkatan fitur, yang dirilis pada mode ini.

Apel secara bersamaan menyediakan versi yang sama dari iPhone OS untuk iPod Touch. pengguna iPhone menerima semua pembaruan perangkat lunak gratis, tetapi iPod Touch pengguna dikenakan biaya untuk pembaruan perangkat lunak besar seperti 2.0 dan 3.0.[/spoiler]
"Blackberry OS"
SEJARAH

Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam mengejutkan dunia.Pada awalnya, layanan Blackberry hanya bisa diakses melalui smartphone Blackberry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61. E71), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dan lainnya.

Sejauh ini, fasilitas Blackberry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Seta.com